Perancangan Media Pembelajaran Interaktif

Pembelajaran interaktif saat ini menjadi suatu kebutuhan untuk mendukung pengembangan pendidikan dimana pendidikan saat ini memerlukan cara yang inovatif selain menyelenggarakannya dengan media konvensional. Hal ini perlu mendapatkan perlakuan khusus sebagai alternatif dalam pembelajaran. Dengan adanya kemajuan teknologi, terutama pembuatan media pembelajaran dapat dibuat menjadi lebih menarik. Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Syarat media pembelajaran yang baik yaitu media pembelajaran harus meningkatkan motivasi pembelajar. Selain itu media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsanganbelajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong pembelajar untuk melakukan praktik-praktik dengan benar. Teknologi komputer adalah salah satu penemuan yang memungkinkan realisasi pembuatan media yang memenuhi syarat tersebut.
Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran multimedia dengan mengkombinasian macam-macam objek multimedia, yaitu teks, image, animasi, audio, video, dan link interaktif untuk menyajikan informasi menggunakan perangkat
lunak multimedia dengan bantuan komputer. Prosedur kerja pembuatan media pembelajaran sangat diperlukan supaya pembuatan media lebih terarah, sistematis dan terencana dengan baik. Prosedur kerja yang digunakan meliputi pemilihan materi, penentuan pemakai, penentuan indikator kerja, penentuan skenario, pembuatan script, pembuatan desain tampilan dan evaluasi. Setelah semua prosedur kerja dilaksanakan, dihasilkan sebuah media pembelajaran berupa media pembelajaran komputer dan jaringan berbasis multimedia. Pada prinsipnya media pembelajaran ini dibuat untuk proses pembelajaran individual. Akan tetapi dapat juga digunakan untuk menggantikan guru apabila sedang berhalangan hadir untuk bertatap muka. Perlu diadakan penelitian dan pengembangan lebih lanjut mengenai penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia termasuk bagaimana pengaruh penggunanaan media ini terhadap prestasi belajar siswa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: